8 Fakta Sarang Burung Untuk Kecantikan dan Kesehatan

Membahas tentang sarang burung walet, tentunya cukup menakjubkan mengingat sarang burung walet adalah makanan yang dibuat dari air liur burung walet. Produksi liur yang mengeras lalu dipanen secara hati-hati dan diolah sedemikian rupa sehingga menjadi empuk dan lezat. 

 

Pada dasarnya, ada 3 hal yang menjadikan  sarang burung walet sebagai komoditas yang fantastis selama ini yaitu: kelangkaan barang, nilai jual dan manfaat kesehatannya yang luar biasa.

Pertama kali ditemukan di Cina, khasiat sarang burung walet telah diketahui selama 400 tahun lamanya. Kini merupakan komoditas produk kesehatan global, sarang burung atau bird nest telah rutin dikonsumsi penduduk dunia demi kesehatan dan kecantikan. 

Lalu apakah manfaatnya sarang burung untuk kecantikan dan kesehatan? Yuk cek dulu fakta sarang buruk berikut :

1.    Menjaga Kesehatan Jantung

 

Sarang burung walet dapat mencegah terjadinya kerusakan pada jantung apabila dikonsumsi secara teratur. Sarang burung walet memiliki enzim yang berfungsi untuk menghentikan pengentalan darah atau yang biasa disebut hiperkoagulasi. Hiperkoagulasi sendiri terjadi ketika kadar kolesterol dalam darah sudah memuncak. Jadi, melindungi kesehatan jantung secara alami dapat dilakukan dengan mengkonsumsi sarang burung walet.

2. Asupan Antioksidan Tinggi

Kadar radikal bebas dalam tubuh merupakan faktor kunci dalam pembentukan suatu penyakit. Dan apabila tidak dikendalikan, akan terjadi peradangan pada organ tubuh, infeksi hingga penurunan kesehatan lainnya. 

Sarang burung walet memastikan bahwa kadar radikal bebas dalam tubuh selalu dalam batasan yang wajar karena sarang burung walet memiliki antioksidan yang sangat tinggi.

3.  Mineral Penting Bagi Tubuh

Kandungan mineral pada sarang burung walet sangat kompleks dan bermanfaat untuk tulang manusia. Dalam bentuk senyawa, sarang burung walet memiliki kadar mangan, tembaga, seng dan tentunya kalsium yang sangat menentukan kualitas tulang dalam tubuh seseorang.

Tembaga dan seng masing-masing juga memiliki peranan dalam kesehatan jantung dan pencernaan dalam tubuh. Mangan dan kalsium yang cukup akan membantu pertumbuhan tulang yang kuat. Sarang burung walet dapat memenuhi semua kebutuhan mineral tersebut. 

4. Mengontrol Kadar Insulin

Apabila tubuh kita tidak menghasilkan respon yang normal terhadap insulin atau biasa disebut juga dengan resistensi insulin, maka resiko penyakit diabetes menjadi ancaman yang paling berbahaya. Kandungan gizi dalam sarang burung walet yang baik akan bermanfaat untuk mengendalikan jumlah insulin yang dihasilkan oleh tubuh. 

Untuk mencegah terjadinya resistensi insulin, sarang burung walet dapat membantu menjaga metabolisme tubuh agar dapat memecah lemak dengan baik.

5. Kaya Akan Asam Amino

Sarang burung walet sangat kaya dalam nutrisi asam amino yang penting bagi tubuh. Beberapa jenis asam amino tersebut adalah aspartate dan prolin. Sarang burung walet dengan kualitas baik juga memiliki asam amino jenis sistein dan fenilalanin yang berfungsi untuk meningkatkan kinerja otak dan memori. Lalu tirosin dan glukosamin yang masing-masing berfungsi sebagai zat yang berguna untuk pemulihan tubuh pasca terserang penyakit dan juga perlindungan terhadap tulang rawan.

Beberapa asam amino tidak dapat diproduksi oleh tubuh kita secara independen. Dengan sarang burung walet, kita dapat memenuhi kebutuhan nutrisi tersebut.

6. Menetralisir Nikotin

Jika Anda perokok aktif atau cenderung terpapar asap rokok ( second hand smoke), bisa jadi kadar nikotin dalam tubuh sudah mencapai level yang berbahaya. Dengan mengkonsumsi sarang burung walet, kadar nikotin dalam tubuh seseorang dapat diredam dan dinetralisir. Produksi kolagen meningkat dan tekstur kulit juga menjadi lebih kenyal.  

7. Untuk Tumbuh Kembang Anak-anak dan Bayi

Sarang burung walet sering disajikan kepada anak-anak sebagai perlindungan terhadap bakteri yang mengintai mereka. Tingkat kekebalan tubuh sangat berpengaruh dalam terjadinya perkembangan bakteri  pada seseorang dan sarang burung walet dapat meningkatkan imunitas pada tubuh.

Sarang  burung walet juga dinilai berperan dalam menjaga perkembangan otak, meningkatkan fokus dan mencegah kelelahan. Untuk ibu yang sedang mengandung, sarang burung walet juga baik untuk dikonsumsi. Kandungan gizinya akan menjaga kandungan dan membantu pertumbuhan otak bayi.

8.       Kolagen

Sarang burung walet dikonsumsi oleh banyak wanita sebagai perawatan kecantikan dan kulit. Kadar kolagen dalam sarang burung walet sangat tinggi dan baik untuk urusan perawatan kecantikan baik dikonsumsi langsung maupun sebagai bahan dasar masker kecantikan untuk kulit wajah. Sarang burung walet dapat mengurangi produksi melanin dan meningkatkan kadar air pada kulit untuk menjaga kelembaban.

Kandungan sialic acid juga berfungsi untuk mencegah dehidrasi pada kulit yang berakibat kulit menjadi kusam. GIzi yang tinggi pada sarang burung walet juga bermanfaat untuk mempercepat proses regenerasi kulit sehingga membantu proses peremajaan kulit.

Pilih Yang Pasti Asli, Alami & Higienis - Forbee Bird Nest

Melihat fakta kesehatan dan kecantikan sarang burung, tentunya sangat sayang jika Anda belum memanfaatkannya untuk diri sendiri dan keluarga. Namun ingat, pilihlah produk minuman sarang burung yang 100% asli, diolah alami & higienis seperti Forbee Bird Nest. 

Mulai dari kalangan lansia, ibu hamil, anak-anak maupun untuk perawatan kecantikan dan kesehatan tubuh secara alami, pilih yang asli dan berkualitas dari Forbee Bird Nest. Semoga artikel ini bermanfaat! 

Related Articles

5 Bahan Alami Yang Wajib Dikonsumsi Untuk Mempercantik Diri

Hidup di zaman canggih bisa diibaratkan sebagai pedang bermata dua. Di satu sisi, kita sangat dimudahkan...
Read More